Semoga Pandemi ini cepat berlalu dan bangsa ini akan bangkit menuju kesuksesan

Suasana dalam Pabrik menjadi lebih berbeda saat ada kunjungan dari Paguyuban Ibu-Ibu PTP Nusantara IX (Persero) Unit Pabrik Gula Jatibarang yang dipimpin langsung oleh Ibu Ketua Paguyuban Unit PG Jatibarang Ibu Supriadi walaupun dalam kondisi bulan Romadhon dan suasana pabrik yang sangat bising dan panas namun ibu-ibu tetap bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. 

Kegiatan ini adalah kunjungan atau kegiatan rutin yang dilakukan Ibu-ibu Paguyuban namun pada kesempatan ini dilaksanakan di dalam Pabrik guna melihat bagaimana kondisi para pekerja saat giling serta memberi suport dan dorongan kepada para suami untuk tetap bekerja dengan semangat dan slalu menjaga kesehatan. Sebagai seorang istri selain sebagai pendamping tentunya selalu memberikan dorongan baik spirit maupun doa sehingga para suami dapat bekerja dengan nyaman dan selalu mendapat barokah.

Kunjungan ini diikuti oleh pengurus dan anggota Paguyuban ibu-ibu yang dengan antusias melihat dan bertanya mengenai proses pembuatan gula, walaupun ibu-ibu adalah pendamping para suami yang bekerja dalam produksi gula, tak jarang masih banyak ibu-ibu yang belum tahu bagaimana proses pembuatan gula dari tebu. Nah minimal dengan ibu-ibu ini dapat melihat kondisi karyawan di dalam pabrik sehingga tahu betul apa yang harus dilakukan oleh para suami saat bekerja. 

Para Ibu-ibu ini dipandu dari petugas kantor instalasi yang menjelaskan berbagai hal mengenai proses dari mulai tebu digiling di ST Gilingan hingga proses menjadi gula (Stamvloor) hingga Ibu-ibu dapat melihat hasil akhir dari proses pembuatan gula tersebut. Kondisi didalam pabrik sangat bising dan panas karena didalam banyak sekali mesin-mesih yang berputar sehingga tak jarang mengeluarkan suara bising tidak hanya itu uap panas yang keluar dari sudut-sudut pipa juga membuat udara didalam pabrik menjadi sangat panas. 

Sesampai di akhir proses tepatnya di ST Puteran atau diarea Stamvloor ibu-ibu melihat tumpukan-tumpukan karung yang sudah terisi gula yang siap dikemas setelah ditimbang yang kemudian di kumpulkan disuatu tempat yang nantinya akan dimasukan kedalam gudang. Sesekali ada beberapa ibu-ibu yang mencoba mencicipi rasa gula tersebut.

Bookmark and Share
Posted by mbesaran hijau on Sunday, August 12, 2012
categories: |

0 comments

Post a Comment

Dirgahayu Indonesia

Dirgahayu Indonesia

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Blog Archive